Rutinitas sering kali membosankan. Adakalanya jenuh dengan segala macam tekanan pekerjaan dan target dari pekerjaan anda. Maka jalan-jalan adalah cara yang tepat untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Beberapa pilihan untuk menjadi seorang traveller bisa dijadikan pertimbangan yaitu mencari agen wisata atau menjadi seorang backpaker. Jika anda memiliki waktu yang singkat dan ingin menggunakannya seefektif mungkin, mencari agen wisata adalah jalan yang terbaik. Akan tetapi, jika anda memiliki waktu yang luang dan ingin menghemat biaya menjadi seorang backpaker adalah pilihan apik. Lantas Apa Yang Perlu Disiapkan Backpaker ?

Yang Perlu Disiapkan Backpaker
Yang Perlu Disiapkan Backpaker

Yang Perlu Disiapkan Backpaker. Tentukan Kota Tujuan Wisata

Sebelum bepergian, anda harus menentukan kemana anda akan jalan-jalan. Beberapa orang menginginkan menjadi lost traveller, memang hal itu mengasikan. Akan tetapi, akan menyita waktu, biaya dan fikiran yang cukup banyak. Sehingga apabila ingin jalan-jalan anda harus tahu akan ke kota mana anda akan menuju.

Tips dalam menentukan lokasi tujuan adalah anda harus tahu seperti apa planning wisata anda. Apakah wisata alam dengan pemandangan serta ketenangan, atau wisata budaya yang kental akan adat istiadat, atau ingin menjajal permainan ekstreem, atau ada hal lain yang menjadi tujuan anda seperti mencari sumber daya yang bisa dijadikan artikel/jualan anda.

Yang Perlu Disiapkan Backpaker. Tentukan Budget Wisata

Hal selanjutnya adalah menentukan budget anda. Dengan budget ini anda bisa menentukan hal lain seperti akomodasi untuk mencapai lokasi tujuan wisata, penginapan, transportasi selama berwisata, dan konsumsi yang akan dikeluarkan. Dengan budget tersebut maka anda dapat menentukan batas maksimal pengeluaran anda.

Yang Perlu Disiapkan Backpaker. Tentukan Penginapan

Setelah menentukan budget, hal yang paling penting adalah akomodasi dan transportasi selama disana. Apabila anda memiliki budget untuk penginapan, anda dapat mencari penginapan yang sesuai melalui internet. Apabila anda ingin hemat maka jangan melakukan kegiatan travelling di musim berlibur. Atau apabila anda terpaksa hanya memiliki waktu berlibur di musim liburan maka coba cari penginapan di daerah-daerah pinggiran. Di tengah kota atau di pusat-pusat wisata akan menjadi area perebutan bagi sebagian besar traveller. Maka area pinggiran akan memberikan alternatif untuk penginapan. Biasanya harganya pun tidak naik dan bisa ditawar.

Apabila anda tidak memiliki budget, carilah kerabat, saudara, teman ataupun forum-forum di internet. Biasanya di dalam forum-forum tersebut terdapat anggota yang menyediakan tempat untuk tinggal secara gratis.

Yang Perlu Disiapkan Backpaker. Tentukan Tempat-Tempat Wisata Yang akan dikunjungi

Apabila budget anda terbatas, pada dasarnya banyak sekali tempat-tempat wisata yang masih memasang tarif terjangkau, bahkan beberapa lokasi wisata yang masih dikembangkan secara swadaya memasang tarif “seikhlasnya”. Rajin-rajinlah mencari di blog-blog travelling terutama yang independen. Sering kali Mereka memiliki informasi-informasi penjelajahan yang cukup baik.

Yang Perlu Disiapkan Backpaker. Tentukan Sarana Transportasi

Hal ini penting, agar selama jalan-jalan anda dapat dengan efektif untuk menuju lokasi-lokasi tujuan wisata anda. Beberapa alternatifnya anda dapat membawa kendaraan pribadi dari kota anda, atau menggunakan sarana transportasi umum, akan tetapi ada alternatif lain yang dapat menjadi pertimbangan yaitu sewa motor / mobil. Hal ini tentunya disesuaikan dengan tempat wisata yang akan anda kunjungi dan budget yang anda miliki.

Yang Perlu Disiapkan Backpaker. Bawalah Barang Seperlunya

Jangan membawa barang terlalu banyak. Usahakan yang paling urgent saja. Bawaan seperti pakaian atau alas kaki yang berlebihan justru akan menyulitkan anda dalam perjalanan. Bawalah seperlunya saja. Dan jangan lupa charger serta kamera itu penting sehingga anda dapat mengabadikan setiap moment wisata anda.

One Comment

  1. Dan yang menjadi kebutuhan wajib adalah kamera. ini bukan hanya kamera DSLR mahal tetapi cukup kamera ponsel ataupun poket agar bisa menjadi kenangan dan cerita untuk teman-teman kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>