Bicara mengenai kuliner Jogja, apalagi kalau tidak gudeg? ya, gudeg adalah jogja. Menu ini cocok sekali untuk sarapan, makan siang maupun makan malam. Rasanya yang manis dan gurih seakan menggambarkan suasana jogja yang selalu ngangenin. Akan tetapi, ada beberapa gudeg yang berbeda dengan gudeg pada umumnya, rasa pedas dan gurih lebih ditonjolkan dan memiliki cita rasa yang berbeda, tentu saja enak. Berikut NonaTrans akan merangkum Gudeg Paling Enak di Jogja.

1. Gudeg Mercon Yogyakarta bu Tinah

Seperti namanya yang mengunakan embel-embel “mercon” tentu saja akan langsung tahu bahwa gudeg ini mengedepankan rasa pedas. Buka pukul 20.30, maka gudeg ini akan segera menghangatkan tubuh pembelinya. Rasa pedas dan manis tepat sekali bila disantap pada malam hari.

gudeg mercon bu tinah
gudeg mercon bu tinah

Lokasi Gudeg mercon yogyakarta bu tinah

Bu Tinah selalu membuka lapaknya yang sederhana di perempatan Jl. Asem Gede, Kranggan. Patokannya adalah tugu jogja, berjalanlah ke utara sampai di pom bensin kranggan. Di seberangnya ada gang, lalu kalian bisa masuk ke gang tersebut sampai perempatan nanti ada lapak sederhana bu tinah.

2. Gudeg Pawon Jogja

Seperti namanya, gudeg ini membuka warungnya di dalm pawon (dapur), dengan peralatan sederhana dan bahkan masih memasak menggunakan tungku kayu bakar sehinga para pembeli dimanjakan dengan suasana dapur khas jogja tempo dulu.

Gudeg ini mengedepankan rasa gurih. Daging ayam yang empuk dengan kuah santan yang kental dan manis pedas “krecek”  menjadi perpaduan sempurna yang ada di menu gudeg satu ini. Gudeg pawon mulai buka pukul 22.00, akan tetapi sebagai gambaran, gudeg ini tak pernah buka lebih dari tiga jam, yang antre panjaang bahkan sebelum gudeg ini buka. Jadi apabila kalian ingin mencobanya, silahkan datang sebelum pukul 22.00. Dan selain gudeg’nya silahkan coba minuman khas jogja yaitu wedang uwuh.

gudeg pawon jogja
gudeg pawon jogja

lokasi gudeg pawon jogja

Gudeg pawon Jika kalian dari arah jalan malioboro dan tiba di 0 km (perempatan kantor pos dan bank BNI) arahkan kendaraan kalian ke kiri menuju jln. kusuma negara, terus saja sampai di pertigaan glagah sari. Di pertigaan tersebut ada plang besar “kampus UTY”. lalu masuk ke jalan tersebut sampai bertemu swalayan pamela. Lalu bertanyalah ke penduduk sekitar di mana letak gudeg pawon. Karena Gudeg Pawon tidak memiliki plang akan tetapi selalu ramai parkir kendaraan. Alamat lengkapnya di jalan janturan No. 36, Warungboto, Yogyakarta.

3. Gudeg Bromo Bu Tekluk Ygoyakarta

Konon katanya nama tekluk karena si penjual selalu mengantuk sehingga “teklak tekluk”. Sejak pukul 22.00 gudeg ini  sudah buka hingga dini hari pukul 17.00 (jika tidak kehabisan). Karena lokasi berada di sekitar kampus sehingga banyak sekali muda mudi yang mengantri disana. Gudeg ini tak kalah dengan dua gudeg diatas. Rasa manis dan gurih menjadi spesial dengan tempe khas gudek bu tekluk. Porsinya yang melimpah juga menjadi nilai plus guna memanjakan tidak hanya lidah tetapi juga perut setiap pembelinya.

gudeg bromo bu tekluk
gudeg bromo bu tekluk

lokasi gudeg bromo bu tekluk yogyakarta

lokasi gudeg ini ada di jalan gejayan, di pelataran kios ponsel yang sudah jam tutup, tepatnya di pintu masuk gang bromo dekat kampus sanatha darma mrican. mudah sekali menemukannya karena berada tepat di pinggir jalan gejayan. jika tidak ingin salah sasaran gudeg, patokannya adalah kampus sanatha dharma mrican, lalu bertanyalah dengan orang yang berlalu lalang disana. pasti mereka tahu gudeg yang telah lebih dari 10 tahun berjualan ini.

4. Gudeg Permata Jogja

Dinamakan gudeg permata karena gudeg ini berada tepat di bekas bioskop permata. Apabila gudeg lain mengedepankan rasa manis, maka gudeg ini lebih mengedepankan rasa gurih. Gudeg ini juga tak kalah ramai dengan gudeg-gudeg sebelumnya. dengan iringan pengamen khas jogja menambah suasana menjadi meriah.

lokasi gudeg permata jogja

Gudeg ini berada di pertigaan jalan sultan agung dan jalan gajah mada. Apabila kalian dari jln malioboro perempatan 0 KM. arahkan kendaraan kalian ke kiri (timur). perempatan kedua akan menemukan superindo. Lokasi bioskop permata tepat di seberang superindo. Dan Gudeg Permata tepat di sisi sebelah barat bioskop tersebut.

5. Gudeg Yu Djum wijilan yogyakarta

Siapa tak kenal gudeg ini. hampir ada di setiap sudut kota jogja, di jalan solo, dagen, kaliurang dekat kampus UGM, sentra gudeg wijilan dan di beberapa tempat lain. Gudeg ini benar-benar menjadi icon gudeg khas jogja. Memiliki cita rasa yang khas jogja yaitu manis, gudeg ini merupakan primadona wisatawan yang berkunjung ke yogyakarta.

lokasi gudeg yu djum wijilan yogyakarta

Gudeg ini berada hampir di setiap lokasi publik dan wisatawan jogja, akan tetapi yang paling sering menjadi perbincangan adalah yang berlokasi di sentra gudeg di jalan wijilan. Apabila kalian dari jalan malioboro arahkan ke alun alun utara lalu belok kiri (timur) dan masuk ke jalan yang pertama. lurus ke timur akan bertemu pertigaan wijilan (benteng) masuk saja, kalian akan menemukan sentra gudeg jogja. Carilah plang gudeg yu djum. Selain gudeg yu djum kalian juga akan menemukan gudeg-gudeg lain yang tidak salah untuk kalian coba.

Demikian ulasan gudeg paling enak di jogja. Memang rasa adalah sesuatu hal yang bersifat selera lidah, gudeg-gudg tersebut menurut kami adalah gudeg yang paling enak dan legendaris di jogja. Apabila kalian memiliki rekomendasi gudeg yang lain silahkan isikan pada kolom komentar ya.. Terima kasih dan silahkan ber wisata kuliner khas jogja

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>